About Me

gambar koala

Memahami Lebih Dalam tentang Aplikasi Web

Memahami Lebih Dalam tentang Aplikasi Web

Waktu baca: 30 menit
Artikel ini akan membantu memperluas pengetahuanmu tentang aplikasi web.
Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Memahami Lebih Dalam tentang Web!. Baca artikel ini lebih dulu jika kamu belum melakukannya.

1. Mengapa Mempelajari Pengembangan Aplikasi Web?

Guru! Kenapa aku harus belajar cara membuat aplikasi web? Aku sudah bisa meluncurkan website yang dibuat dengan HTML, bukankah sudah cukup?Jelas, meluncurkan website sendiri adalah pencapaian yang hebat. Tapi, sederhananya, aplikasi web adalah situs web yang memiliki banyak fitur yang lebih canggih.Jika kamu belajar cara membuat aplikasi web, kamu bisa menambahkan fitur yang tidak bisa disediakan hanya dengan HTML.
Dengan HTML, kamu hanya bisa menampilkan konten tetap.
Tapi dengan HTML sekaligus menggabungkan server dan database, kamu bisa membuat website yang memiliki fitur-fitur yang lebih canggih.
(Database adalah alat yang menyimpan informasi, seperti teks dan angka, yang digunakan dalam suatu aplikasi web.)
Berikut ini adalah beberapa contoh fitur canggih tersebut:
  • Pendaftaran pengguna
  • Menampilkan konten yang dikustomisasi untuk berbagai pengguna
  • Membuat dan menampilkan konten, seperti blog, di dalam website
Aplikasi web dapat dikatakan sebagai website yang berisikan fungsi-fungsi canggih ini.
Dunia ini penuh dengan aplikasi web.
Ada banyak layanan-layanan web yang sering kamu gunakan, seperti YouTube, Amazon, dan Facebook. Itu contoh-contoh aplikasi web yang juga memiliki server dan database.
Kamu juga akan segera bisa membuat sendiri berbagai jenis aplikasi web. Ayo kita lanjut belajar bersama!
Periksa
Siap belajar cara membuat aplikasi Web?
Selesai?

2. Pemahaman Kasar tentang Aplikasi Web

Jadi, ada banyak aplikasi web di dunia ini! Aku juga punya banyak aplikasi di smartphone-ku!Sebenarnya, aplikasi yang diinstal dan digunakan di smartphone sedikit berbeda dari aplikasi web.
Aplikasi web adalah aplikasi yang menerapkan struktur web. Aplikasi smartphone, seperti aplikasi IOS maupun Android, agak berbeda dari aplikasi web.
Jadi ingat, aplikasi web = aplikasi yang dilihat di browser!
Periksa
Sudah paham apa itu aplikasi web?
Selesai?

3. Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Web?

Pertama, ayo tinjau ulang bagaimana aplikasi web dapat ditampilkan. Browser mengirim permintaan ke server, dan sebagai respons, server mengembalikan HTML ke browser.
Alur operasi dasar juga tetap berada di dalam aplikasi web. Tapi, server punya beberapa hal tambahan (langkah 2 di bawah ini).
  1. Browser mengirim permintaan ke server.
  2. Server melakukan proses tertentu sesuai dengan konten permintaan (URL, dll.). Pada saat ini, bila perlu, proses tambahan berikut ini akan dilakukan:
  • Database akan dikelola atau dioperasikan untuk memperoleh, menyisipkan, memperbarui, dan menghapus data.
  • HTML akan dikembalikan sebagai respons dan konten yang ditampilkan di halaman akan berubah.
  1. Browser akan menampilkan HTML.
Lihat contoh berikut ini. Seperti pada diagram di bawah ini, konten yang ditampilkan di dashboard Progate akan berubah tergantung penggunanya, walaupun URL tetap sama.
Alur operasi yang terlibat saat menampilkan dashboard Ninja Ken adalah sebagai berikut:
Periksa
Sudah paham cara kerja aplikasi web?
Selesai?

4. Bahasa Pemrograman untuk Pengembangan Aplikasi Web

Aku tak sabar untuk mengembangkan aplikasi web! Tapi, bagaimana cara membuat aplikasi web?Saat benar-benar mengembangkan aplikasi web sendiri, kamu harus menulis codemu sendiri untuk menjalankan proses yang dijelaskan dalam langkah 2.Kamu harus menggunakan beberapa bahasa pemrograman untuk mengembangkan aplikasi web. Bahasa itu bisa dibagi ke dalam beberapa kategori.

1. Bahasa yang digunakan di sisi client atau client-side:

  • HTML
  • CSS
  • JavaScript
Itulah bahasa yang digunakan untuk membuat apa yang ditampilkan di browser dan menjadikannya interaktif. Kita menyebutnya sebagai bahasa "client-side" atau "frontend".
HTML & CSS adalah bahasa yang bisa digunakan untuk menentukan informasi yang akan ditampilkan di browser atau menampilkan elemen-elemen desain.
JavaScript sebenarnya dalam kategori yang sama, dan merupakan bahasa yang dapat digunakan untuk menerapkan animasi dan interaktivitas ke halaman yang dibuat dengan HTML.

2. Bahasa yang digunakan di server-side:

  • JavaScipt (Node.js)
  • Ruby
  • Python
  • PHP
Bahasa inilah yang digunakan untuk mendeskripsikan proses yang dilakukan di sisi server. Dikenal juga sebagai bahasa "server-side" atau "backend", dan masih banyak lagi bahasa selain yang disebutkan di atas.
JavaScript awalnya merupakan bahasa client-side; tapi setelah Node.js ditemukan, JavaScript juga dapat berjalan di dalam server.

3. Bahasa yang digunakan dalam database:

  • SQL
Seperti dalam pelajaran-pelajaran SQL study, SQL dapat digunakan untuk memperoleh, menyisipkan, memperbarui, dan menghapus data dari database.
(Dalam Ruby on Rails, kamu bisa memanipulasi database tanpa menulis SQL secara langsung, tapi sebenarnya SQL tetap digunakan di balik layar.)
Periksa
Sudah paham apa saja bahasa yang digunakan untuk aplikasi web?
Selesai?

5. Catatan Akhir

Kamu tidak perlu seluruhnya memahami artikel ini, asalkan kamu sudah mampu mengerti pemahaman aplikasi web secara keseluruhan.
Setelah lebih memahami tentang pembuatan aplikasi web, kamu bisa membaca ulang artikel ini dan isi informasinya akan menjadi jauh lebih jelas.
Selain mempelajari cara membuat aplikasi web, kamu harus menguasai dasar-dasar bahasa frontend maupun backend sekaligus SQL agar dapat mengembangkan aplikasi web.
Selanjutnya, mari belajar cara membuat aplikasi web bersama Ninja Ken!
Periksa
Apakah kamu mampu mengerti pemahaman aplikasi web secara keseluruhan?
Selesai?

Posting Komentar

0 Komentar