About Me

gambar koala

Teknik menggambar dasar - Shading


Shading adalah bagian penting dari menggambar (dan yang paling diabaikan oleh pemula) jika Anda ingin menambahkan realisme atau memberikan ilusi tiga dimensi pada karya seni Anda. Di bagian ini, Anda akan mengetahui cara melakukan shading serta faktor-faktor yang berkontribusi terhadap efek seperti lampu dan bayangan. Anda juga akan mempelajari berbagai teknik shading, misalnya; efek blending dan menggunakan penghapus untuk memperbaiki naungan Anda.

Lampu dan Bayangan

Lampu dan bayangan digunakan untuk mendefinisikan bentuk secara visual. Tanpa mereka, karya seni Anda akan menjadi lebih sederhana dan membosankan. Menerapkan interaksi lampu dan bayangan pada karya seni Anda akan memungkinkan untuk menciptakan suasana hati, ekspresi, kepribadian seseorang, serta waktu untuk lingkungan (sore, malam). Pada bagian ini, kami akan menjelaskan tentang cara kerja lampu dan bayangan dan bagaimana hal itu dapat menambah lebih banyak "realisme" dalam karya seni Anda.
Lampu / Pencahayaan - Pencahayaan pada formulir adalah hasil dari sumber cahaya. Semua yang ada di area sumber cahaya akan terpengaruh. Sumber cahaya dapat berupa apa saja mulai dari matahari / bulan luar ruangan, lampu jalan, hingga pencahayaan dalam ruangan, lampu meja. Terlepas dari jenis sumber cahaya, ada beberapa dasar pencahayaan yang Anda perlu tahu.
  • Sorotan - Sorotan adalah area atau permukaan yang mendapatkan paling banyak cahaya dari sumber cahaya menjadikannya "terang paling terang" dari suatu bentuk atau objek. Intensitas sorotan tergantung pada tekstur bentuk misalnya, logam atau benda seperti kaca. akan mencerminkan highlight intens yang lebih tajam jika dibandingkan dengan permukaan kayu.
  • Cahaya Reflektif - Pada sisi yang lebih gelap dari objek atau bentuk yang disorot, Anda akan melihat sepetak cahaya terbentuk. Jenis cahaya ini disebut cahaya reflektif, atau mengisi cahaya. Ini adalah hasil dari lampu yang dipantulkan ke sisi yang lebih gelap biasanya dari permukaan datar di dekat objek / bentuk. Sebagian besar akan tertipu dengan berpikir bahwa sepetak cahaya berasal dari sumber pencahayaan yang berbeda dari sudut yang berbeda.
Pencahayaan juga dapat digunakan untuk menunjukkan emosi, ekspresi dan bahkan dapat digunakan untuk mempengaruhi lingkungan. Berhati-hatilah jika Anda berencana untuk menggunakan jenis pencahayaan ini dalam karya seni Anda dan pastikan bahwa Anda memiliki efek pencahayaan dan bayangan di tempat yang tepat untuk menghindari membuat objek, gambar atau lingkungan terlihat "canggung" atau "realistis" agar cocok bersama .
  • Rembrandt Lighting - juga disebut pencahayaan tiga perempat, metode pencahayaan ini adalah yang paling umum digunakan dalam seni komik dan banyak sekolah seni. Pencahayaan rembrandt dilakukan dengan menempatkan sumber cahaya pada pengaturan tiga perempat (kiri atas atau kanan, kiri bawah atau kanan). Berbeda dengan pencahayaan frontal, metode ini sebenarnya memberikan lebih banyak detail pada objek atau gambar. Jika digunakan untuk sosok manusia, pencahayaan akan mempengaruhi sebagian besar tubuh dan dapat membantu menentukan lebih banyak detail dan nada otot.
  • Pencahayaan Top - Pencahayaan top adalah ketika sumber cahaya tepat di atas objek atau gambar. Bagian seperti dahi, hidung, bahu, dan area dada menerima paling banyak cahaya. 
    -Kualitas atau ekspresi dari pencahayaan top: Suci, Damai, Malaikat, Kemurnian.
  • Frontal Lighting - Cahaya frontal dapat dicapai dengan menempatkan sumber cahaya di depan objek atau gambar. Pencahayaan bagian depan sangat bagus untuk menggambarkan elemen yang mengejutkan, eksplosif, atau seperti ledakan. Menerapkan metode ini bisa sangat rumit karena metode pencahayaan ini sebenarnya meratakan sebagian besar bentuk dan detail. 
    -Kualitas atau ekspresi dari pencahayaan frontal: Kejutan, Ledakan, Ledakan, Guntur, Bahaya (bentuk rata)
  • Back Lighting - Back lighting adalah penerangan suatu objek atau gambar dari belakang. Dengan cahaya terkonsentrasi di bagian belakang, sebagian besar bagian depan objek / gambar ditutupi bayangan. Seperti dari sudut pandang penonton, tidak banyak detail dapat dilihat jika jenis pencahayaan ini digunakan. Meskipun demikian, pengaturan ini yang terbaik jika Anda berencana untuk mendapatkan suasana yang lebih dramatis yang terjadi untuk karya seni Anda. 
    -Kualitas atau ekspresi dari pencahayaan belakang: Romantis / Romantis, Misterius, Gelap, Kesedihan, Kesendirian
  • Bentuk Bayangan - Biasanya disebut sebagai bayangan inti, bayangan bentuk terjadi ketika sumber cahaya mengenai objek atau gambar dan membentuk bayangan yang bervariasi dari area lunak hingga lebar di sisi yang lebih terang dari objek.
  • Cast Shadows - Hasil dari satu objek atau gambar yang memberikan bayangan pada objek lain. Dua objek / gambar berada di area yang berbeda dan jika objek yang melemparkan bayangan lebih besar, maka bayangan biasanya akan menjadi lebih gelap (kecuali ada sumber cahaya yang berbeda). Dianjurkan agar Anda lebih fokus pada tepi bayangan pemain. Jika bayangan pemain jatuh lebih jauh dari objek / gambar, ujung-ujungnya akan menjadi lebih lembut.

Teknik Shading Berbeda

Tidak ada satu metode "pamungkas" dari naungan dan begitu Anda tahu bagaimana cahaya dan bayangan bekerja, Anda seharusnya memiliki sedikit masalah dengan naungan dengan benar. Yang terbaik adalah Anda bereksperimen dengan berbagai properti peneduh dan pada saat yang sama dapat meningkatkan tampilan keseluruhan karya seni Anda.
Berikut adalah beberapa teknik penetasan yang dapat meningkatkan penggunaan naungan Anda.
  • Penetasan - Penetasan digunakan untuk menambah nilai atau efek pada naungan Anda dengan menambahkan serangkaian garis paralel jarak dekat, menjadikannya titik awal yang bagus untuk detail dalam naungan Anda. Penetasan pencahayaan digunakan pada bagian yang menghadap sumber cahaya dan penetasan yang lebih gelap karena memiliki sedikit atau tanpa penerangan. Teknik penetasan diketahui memberi hasil hampir secara instan.
  • Crosshatching - Crosshatching adalah salah satu metode teknik yang umum digunakan ketika menggambar tokoh dalam komik. Dengan crosshatching, Anda akan dapat membuat gradasi yang halus dari terang ke gelap sehingga berguna saat digunakan untuk pencahayaan Rembrandt atau untuk cor dan membentuk bayangan. Perbedaan dari penetasan adalah bahwa untuk crosshatching, Anda menggambar garis garis yang tumpang tindih.
  • Keributan - Ketika sampai pada bayangan, garis bukanlah segalanya. Squiggles juga bisa digunakan untuk naungan. Squiggle sangat bagus untuk menciptakan tekstur dan juga nilai. Satu hal yang perlu diingat ketika ketika menggambar coretan adalah konsisten dan santai karena tekanan yang kuat atau keras akan membuat coretan terlihat solid dan tetap.
  • Blending - Blending dapat membuat cukup berantakan dan kadang-kadang dapat diprediksi, tetapi itu adalah teknik yang cukup sederhana untuk diterapkan dan mudah digunakan. Pepatah "latihan membuat sempurna" cocok dengan teknik blending dengan sangat baik karena hanya melalui penggunaan biasa dari teknik tersebut bisa Anda benar-benar bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan.
(Pencampuran dapat dilakukan menggunakan jari-jari Anda atau kain lembut / tisu. Anda dapat mencapai lebih banyak dengan menggunakan jari Anda. Misalnya, jari kelingking Anda dapat digunakan untuk memadukan di tempat kecil, sementara ibu jari Anda dapat berbaur di area yang lebih besar tetapi ini akan buat jari Anda penuh dengan kotoran grafit.)
Shading terutama melibatkan pencahayaan dan teknik yang digunakan untuk menciptakan efek yang diinginkan. Tanpa itu, Anda berisiko karya seni Anda terlihat datar dan kurang menarik. Hubungan antara keduanya begitu penting sehingga yang satu tidak dapat dilakukan tanpa masuknya yang lain. Ketika ada sumber cahaya, akan selalu ada sisi gelap atau daerah yang diarsir dan Anda tidak dapat menghitung nilai area yang diarsir tanpa sorotan yang melibatkan arah sumber cahaya. Dapatkan idenya?
Jangan pernah maju cepat melalui proses ini. Shading penting dalam membuat apa pun yang Anda gambar menjadi realistis dan dapat dipercaya. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk mempelajari ini, Anda akan lebih percaya diri dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja shading.

dari : http://www.creativecomicart.com/shading.html

Posting Komentar

0 Komentar